Senin, 02 Februari 2015

Keadilan dan Kekurangan

Seorang guru berkata kepada muridnya, “ muridku, engkau dan saudara-saudaramu telah 10 tahun belajar ilmu kebijaksanaan dariku”… “ Lantas kenapa Guru? Apa ada yang salah?”.. “ tidak, tapi ada satu hal yang membuatku sedih “.. “apa yang membuatmu sedih guru? ..”aku telah tidak adil dalam mengajari kalian? Kamu telah mendapatkan lebih banyak pelajaran kebijaksanaan ketimbang saudaramu yang lain, itu artinya aku telah berbuat kurang adil..” “.. Ah guru, kan yang lain tidak tahu, ini yang tahu hanya saya dan guru.. “  sang guru menatap muridnya itu dengan tatapan yang aneh,..
“ Hmm.. disekian banyak kelebihanmu, baru saja kau tunjukkan kelemahanmu.. dan bisa jadi kekuranganmu itu tidak dimiliki saudara-saudaramu yang lain... Engkau telah mengabaikan yang Maha mengawasi kita, kenapa kamu anggap ini hanya diketahui kita berdua saja?”…

RENUNGAN :
Kebijaksanaan bukan hanya soal bagaimana beretika dalam hubungan antara sesama manusia, bukan pula hanya sebagai pedoman hidup didalam aktifitas keseharian, namun kebijaksanaan lebih menjadi suatu cara manusia berusaha untuk diterima dan diberkati Tuhan yang menjadi sumber dari Kebijaksanaan itu sendiri..

Tidak ada komentar: