Selasa, 25 Juli 2017

Imam Al Ghazali : 4 Golongan manusia dalam Bertobat

Imam Al Ghazali menyebut ada empat tipe taubat dari yang tertinggi sampai yang terendah.  Kelompok Pertama, adalah yang benar-benar total dalam taubatnya dan konsisten sampai ia meninggal dunia. Inilah yang masyhur disebut sebagai taubatan nasuha. Nafsu yang dimiliki oleh golongan ini adalah nafsu al-muthmainah yang akan kembali dengan penuh keridhoan kepada Tuhannya. Orang yang sampai pada tingkat ini umumnya tak lagi disibukkan dengan syahwatnya.
Dan sekalipun syahwat itu masih merongrong dirinya, ia berada dalam kesungguhan menundukkannya.

Kelompok kedua, adalah bersih dari dosa-dosa besar namun terkadang masih tergelincir melakukan dosa-dosa kecil. Nafsu yang dimiliki golongan ini adalah nafsu Al-lawwamah yaitu mencela perbuatan maksiat yang dilakukannya.

Kelompok Ketiga, adalah orang yang bertaubat dalam waktu yang lama namun dalam perjalanannya kadang ia dikalahkan syahwatnya. Golongan ini lebih baik dari pada golongan ke empat yang senantiasa berganti ganti melakukan kebaikan dan kemaksiatan. Golongan ketiga umumnya membenci kemaksiatan yang dia lakukan.

Kelompok keempat, adalah yang terlarut sama sekali kedalam kemasiatan sekalipun ia menyadari kesalahannya. Golongan inilah yang sangat rentan mati dalam keadaan su’ul khotimah.

Nabi memang menyebut seorang mukmin terkadang melakukan dosa. Mukmin juga seperti ranting yang kadang lurus dan kadang pula condong. Tapi yang terbaik adalah mereka yang segera memohon ampundan membayar dosanya dengan perbuatan baik.

Sumber : Majalah Hidayah Edisi 80 tahun 2008

Tidak ada komentar: