Senin, 03 April 2023

[ PENGALAMAN PRIBADI ] : Berjuang Untuk Dapat Istiqomah Sholat Berjamaah


Saudara-saudaraku kaum muslimin yang insyaallah dirahmati Allah Ta’ala.. tulisan kali ini adalah pengalaman pribadi, dan saya niatkan untuk berbagi pengalaman rohani, dalam upaya ingin mendekatkan diri kepada Allah, tanpa didasari sikap ingin dipuji serta menyombongkan diri.. semoga Allah menghindarkan dari sifat-sifat tercela tersebut.

 
Kebiasaan ini telah saya lakukan berkali-kali dan hasilnya luar biasa, hampir tidak pernah putus sholat berjamaah kecuali disaat-saat tertentu yang memang sulit untuk melakukannya seperti ketika diperjalanan jauh dengan menggunakan transportasi umum, dan waktunya melewati waktu-waktu pergantian sholat. Namun demikian, sungguh ketika masuk waktu sholat berjamaah, dan masih dijalan, rasanya menjadi amat sangat tidak nyaman, karena tertinggal nikmat untuk bisa bersujud bersama dengan saudara-saudara se akidah, tidak rela rasanya.

Dulu yang saya lakukan, Pertama, saya niatkan dalam hati, saya berniat untuk berusaha menjalankan sholat berjamaah tepat waktu secara istiqomah dengan pertolongan Allah,  saya awali sholat berjamaah shubuh,  karena ini adalah waktu yang paling sulit, niatnya saya awali ketika mau tidur, berniat dan minta pertolongan Allah, untuk dapat bangun sebelum waktu shubuh.. 

Alhamdulillah, walo awalnya berat, waktu itu, sholat shubuh berjamaah dengan seiijin Allah dapat saya lakukan, nah ketika selesai sholat, pikiran saya sudah terbayang, terbersit berharap-harap bisa ikut menikmati dan mendapat anugrah rejeki  sholat dhuhur berjamaah.. dan untuk memantapkan keinginan itu… diantara do’a setelah sholat, saya mengucapkan…

Ya Allah, Puji Syukur Hamba atas nikmat rejeki yang mulia, karena atas se izin-Mu, hamba dapat  hadir diantara hamba-hamba-Mu yang bersujud, menyembah, memuji, memohon ampunan serta pertolongan. Ya Allah, mudahkanlah urusan-urusan dunia kami, dan mudahkanlah pula urusan-urusan akhirat kami…

Dan Alhamdulillah, dengan memikirkan untuk bisa sholat berjamaah diwaktu berjamaah kemudian, dalam hati dan pikiran makin kuat tekat untuk dapat hadir di sholat berjamaah berikutnya,  dipikiran dan hati ada kerinduan untuk mendengar lantunan suara panggilan adzan dari masjid, dan ada pula perasaan cemas, takut terlewat waktu berjamaah.  Saya kebetulan kerja di pemerintahan, nah setengah jam sebelum waktu sholat, saya berharap tidak ada tugas yang menghalangi untuk dapat datang ke masjid, dan Alhamdulillah, selama ini diberikan kelancaran untuk selalu melakukannya.

Nah, disaat telah selesai ikut sholat berjamaah dhuhur, kembali saya bersitkan hati dan pikiran untuk bisa kembali hadir di sholat berjamaah ashar.. dan kembali… diantara doa, saya selipkan doa yg sebelumnya juga saya ucapkan :
Ya Allah, Puji Syukur Hamba atas nikmat rejeki yang mulia, karena atas se izin-Mu, hamba dapat  kembali hadir diantara hamba-hamba-Mu yang bersujud, menyembah, memuji, memohon ampunan serta pertolongan. Ya Allah, mudahkanlah urusan-urusan dunia kami, dan mudahkanlah pula urusan-urusan akhirat kami…

Setelah sholat ashar berjamaah selesai dilakukan, sama seperti sholat-sholat berjamaah sebelumnya, dalam hati dan pikiran saya bersitkan untuk dapat hadir disholat berjamaah selanjutnya. Dan terus seperti itu. Nah, setelah ini menjadi rutinitas, rasa-rasanya mudah sekali untuk selalu dapat hadir, karena selain semua adalah dari pertolongan Allah, tekat yang kuat adalah kunci, dan adalah doa agar dimudahkan untuk dapat selalu hadir.. Alhamdulillah..

Tidak ada komentar: