Kamis, 20 Agustus 2015

Pelajaran dari kisah seorang pencuri

Melihat ayahnya seorang pencuri profesional sudah makin tua, si anak khawatir karena dia belum mempelajari ilmu apapun untuk bertahan hidup. “ Ayah, aku ingin mempelajari ilmumu” jawab sang ayah “ baiklah saya akan mengajarimu “ dan Suatu malam, pencuri tua itu membawa anaknya menuju kediaman orang kaya. Mereka membuat lubang di dinding dan menyelinap masuk kedalam rumah. 
Setelah membuka pintu lemari dengan kunci utama, pencuri itu menyuruh anaknya untuk masuk dan mengambil barang berharga sebanyak yang bisa dia bawa. Segera setelah anaknya masuk, pencuri itu menutup pintu lemari dan menguncinya. Kemudian  dia berjalan ke lobi, dan dengan sengaja membuat kegaduhan sehingga membangunkan seluruh penghuni rumah. Dia sendiri kabur melalui lubang dinding.

Semua orang dirumah itu menjadi terbangun. Mereka menyalakan lilin untuk mencari pencuri di seluruh rumah. “ bagaimana ayahku dapat melarikan dirinya sendiri dan meninggalkan aku terkunci dalam lemari ini,? Demi Tuhan, kenapa dia melakukan hal ini kepadaku, anaknya sendiri? Anak itu berpikir dengan marahnya.

Kemudian dia mendapatkan ide. Dia mulai meniru suara tikus. Karena mendengar suara tikus itu, pemilik rumah dan pembantunya membuka pintu lemari, anak muda itu menerobos keluar, menjatuhkan lilin ditangan si pembantu dan kabur. Dengan hiruk pikuk, seluruh keluarga lari mengejarnya melalui taman. Kemudian dia menemukan sebuah sumur dan dengan segera mengambil sebuah batu besar dan melemparkannya kedalam sumur sehingga menimbulkan bunyi seperti ada orang tercebur. Karena tidak dapat melihat dengan jelas di kegelapan, mereka yang mengejarnya berpikir bahwa dia telah terjatuh ke dalam sumur. Mereka mengelilingi sumur dan menyalakan obor untuk melihat ke dalam sumur dengan lebih jelas. Pada saat itu pencuri muda itu telah melarikan diri melalui lubang di dinding.

Ketika sampai di rumah, dia sangat marah kepada ayahnya. “ beritahu aku bagaimana kamu dapat melarikan diri? Tanya ayahnya dengan tenang. Masih merasa gusar, anak itu menceritakan secara terperinci bagaimana dia dapat melarikan diri. “ Anakku, kamu telah mempelajari siasat dari pekerjaan ini” sorak pencuri tua itu dengan wajah puas.

RENUNGAN :
Dari kisah diatas terdapat beberapa pelajaran yang dapat diambil, Pertama, Kebijaksanaan hanya dapat diperoleh melalui usaha sendiri.  Kedua, Untuk mendapatkan kebijaksanaan yang terbaik, seseorang harus benar-benar tak berputus asa untuk mengambil hikmah dari suatu kejadian. Ketiga, Seorang  guru yang baik mengetahui bagaimana menciptakan dan menggunakan lingkungan yang tepat untuk membantu muridnya.

Tidak ada komentar: