Kamis, 20 Agustus 2015

Debat Azab Kubur

Ada dua orang dari kelompok keyakinan yang berbeda, yang seorang mempercayai bahwa akan ada yang namanya azab kubur, sementara seorang yang lain tidak meyakini itu, dia percaya bahwa setelah kematian semuanya selesai dan tidak akan terjadi apa-apa setelahnya.. Perdebatan mereka seru dengan segala alasan yang mereka yakini itulah yang paling benar.. yang satu ngotot meyakini azab itu akan ada, dan akan diterima oleh mereka yang senang melakukan perbuatan buruk selama hidup didunia, sementara seorang yang satunya tetap bersikukuh, semua itu hanya bualan dan karangan belaka.

Setelah berdebat agak lama, kebetulan lewatlah seorang tua.. dan mencoba untuk menengahi keduanya... “ Anak muda, yang kalian perdebatkan itu adalah sesuatu yang memang belum terjadi pada kita, kita sama-sama masih hidup dan belum mati, jadi belum tahu apa yang sebenarnya akan terjadi kelak, kalian sama-sama mempercayai tuntunan dan anggapan yang kalian percayai. Namun demikian anak muda, Untuk kamu yang percaya akan adanya azab kubur, teruslah perbanyak bekal amalan - amalanmu agar engkau benar - benar terhindar dari apa yang engkau yakini itu, dan seandainya apa yang diyakini temanmu itu yang benar bahwa setelah mati ternyata tidak ada apa-apa maka tidak akan ada ruginya bagimu.. dan untuk kamu wahai anak muda yang tidak percaya, berharaplah agar azab itu memang benar-benar tidak ada, namun jika ternyata itu memang ada.. ingatlah bahwa hari ini engkau telah memperdebatkannya.. dan ingatlah bagi kalian, yang kalian perdebatkan ini bukanlah hal yang sepele, orang yang telah mati tak akan bisa kembali untuk memperbaiki keadaan..   

Setelah berkata seperti itu, orang tua itu berlalu.. kedua pemuda itupun terdiam, seorang darinya tersenyum lega sementara seorang lainnya masih berpikir apa yang dikatakan orang tua itu.   



Tidak ada komentar: