Sabtu, 20 April 2019

Berlomba berebut Warisan Nabi SAW

Pada suatu ketika Sahabat Nabi  SAW, Abu Hurairah Ra, memasuki sebuah pasar.. dan ketika sampai ditengah pasar.. Abu Hurairah Ra.. tiba tiba berseru.. ‘Wahai, kalian semua, sungguh kalian adalah orang-orang yang Merugi!!”  Tentu saja teriakan Abu Hurairah, Ra yang memang dikenal sebagai sahabat Nabi SAW menarik perhatian orang-orang dipasar itu, dan mereka berkumpul dan bertanya, “ Kenapa kami merugi wahai Abu hurairah, kami disini melakukan jual beli, kami berbuat benar dengan tidak saling merugikan, kami melakukan jual beli dengan baik “... Abu Hurairah kembali berseru.. “ Sungguh sungguh kalian adalah orang-orang yang rugi!.“..
“ Apes bagaimana wahai Abu Hurairah.. “ kata mereka penasaran.. lalu Abu hurairah Ra berkata.. “ Bagaimana tidak apes, sementara Warisan Rosululloh SAW dibagi-bagi kalian masih saja duduk-duduk disini.. “.. setelah mendengar itu, dan mendapatkan keterangan dimana tempat warisan Rosululloh sedang dibagi-bagi, serempak mereka yang ada dipasar berlarian menuju tempat yang di tunjukkan Sahabat Nabi tersebut, mereka berharap ikut mendapatkan bagian warisan, karena yang ada dibayangan mereka, pasti harta benda Nabi yang sedang dibagi-bagikan.. maka merekapun berbondong-bondong dan berlarian meninggalkan kegiatan jual beli begitu saja... dan tinggallah Abu Hurairah Ra. sendiri yang kemudian menjaga pasar yang sepi karena ditinggalkan penghuninya..

...setelah agak beberapa lama, rombongan orang yang dipasar mulai kembali dan menggerutu kepada Abu Hurairah Ra, “ Wahai Abu hurairah, anda ini sahabat nabi, tapi kenapa anda ini membohongi kami semua, katanya ada bagi-bagi warisan dari Rosululloh, tapi mana?.. tidak ada apa-apa disana.. “  ”..di masjid tempat yang aku tunjukkan tadi apa ada orang?”..tanya Abu Hurairah “ iya ada”..jawab mereka.. “ mereka sedang apa?” tanya Abu Hurairah lagi..., “ ada yang sholat sunnah, mengaji, membaca Quran, dan ada yang berkumpul mendengarkan tausiah dari ulama” Jawab mereka.. lalu Abu Hurairah berseru “... Wahai kalian semua, tidak sadarkah kalian bahwa apa yang kalian saksikan, itu semua adalah warisan Nabi, dan kenapa kalian tidak berlomba untuk mengambil bagian daripadanya?...”

RENUNGAN :

Warisan Nabi adalah semua yang beliau tinggalkan untuk kita, sebuah peta kehidupan yang menjadi petunjuk jalan untuk menuju kebaikan dunia bahkan untuk kebaikan di akherat, dan warisan itu lebih besar keutamaannya jika dibanding dengan dunia seiisinya bahkan seluruh semesta alam, beliau meninggalkan warisan Islam sebagai naungan orang-orang yang di ridhoi Allah, Beliau meninggalkan Warisan Al-Quran sebagai Wahyu Tuhan semesta alam yang harus dijadikan pedoman seluruh umatnya,  beliau juga meninggalkan banyak pesan-pesan yang dirangkum dalam hadist-hadist yang diriwayatkan oleh sahabat-sahabat beliau, yang berisi tentang tata cara adab kehidupan yang di kehendaki Allah, beliau juga meninggalkan teladan budi pekerti luhur untuk manusia yang merupakan Tuntunan langsung dari Allah melalui malaikat-malaikat-Nya..

Apakah kita telah berusaha untuk ikut serta berlomba ambil bagian untuk mendapatkan bagian Warisan Nabi sebanyak-banyaknya?  Jika kita memang pengikut Nabi SAW dan mengaku mencintai beliau, kenapa tidak??

Tidak ada komentar: