Senin, 31 Agustus 2015

Koin bermuka sama

Dalam sebuah kisah, diceritakan seorang jenderal yang memimpin pasukan untuk mempertahankan negaranya dari serangan musuh. Tetapi semangat pasukannya sangatlah rendah karena jumlah mereka yang ternyata kalah jauh jika dibandingkan pasukan musuh. Disaat-saat genting dalam perjalanan menuju medan perang sang jenderal berhenti di sebuah kuil.
“ dan ia berkata kepada para bawahannya bahwa ia akan mencari petunjuk dari Tuhan di kuil itu.  Dan ia berkata setengah berteriak dihadapan pasukannya, “ Saya akan melempar sebuah koin kalau hasilnya gambar kita akan menang namun kalau keluarnya angka maka kita akan kalah.. "
Saat itu sang jendral pun masuk ke kuil dan berlutut didalamnya dan berdoa dengan khusuknya. Setelah beberapa saat berdoa, kemudian dia melempar sebuah koin ke udara dan KLING! Hasilnya adalah gambar!.

Melihat itu semangat pasukannya langsung bangkit. Mereka berperang dengan gagah berani dan walau dengan bersusah payah berperang melawan musuh yang beberapa lipat banyaknya, mereka berhasil menghancurkan musuh.

Setelah peperangan usai, seorang bawahannya berkata kepada sang jendral “ Tidak seorangpun dapat mengubah nasib. Itu adalah kehendak Tuhan “

“ Ya, kamu memang benar, Tidak seorangpun dapat mengubah nasib semua kehendak Tuhan, tapi lihatlah juga ini...” kata jendral sambil mengeluarkan koin yang digunakannya untuk memprediksi hasil peperangan waktu  dikuil. Yang ternyata Kedua sisi koin yang digunakannya tersebut adalah gambar.

RENUNGAN

Ada hal penting yang dapat dipetik dari kisah diatas, trik jitu sang jendral yang akhirnya membuahkan hasil yang gemilang, intinya, disatu sisi sang jendral percaya bahwa ada takdir yang menentukan nasib.. dan disisi lain sang jendral juga tidak berpasrah diri dengan menyandarkan itu tanpa usaha.. dengan trik yang brilian melempar koin yang ternyata memiliki dua sisi dengan gambar yang sama,, sang jendral memberikan semangat juang kepada para prajuritnya..

Tentu kita akan ingat apa yang telah di firmankan Allah, bahwa Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum bila kaum itu tidak berusaha untuk mengubahnya..

Tidak ada komentar: