Minggu, 07 Agustus 2016

Kenapa Sombong merupakan dosa besar?

Dosa besar yang tidak mungkin diampuni Allah adalah syirik atau menyekutukan Allah dengan yang segala sesuatu yang lain.. Dosa besar yang kecil kemungkinannya diampuni adalah sombong, sedang dosa besar yang dapat diampuni Allah adalah karena godaan hawa nafsu yang kemudian seseorang itu bertobat dan berjanji tidak mengulanginya lagi…
Kenapa sombong dikategorikan menjadi dosa yang kecil kemungkinan diampuni, hal ini berdasar pada satu peristiwa besar pada awal penciptaan Nabi Adam dan Hawa.. Konon, Iblis yang merupakan mahluk Allah yang derajatnya lebih tinggi daripada malaikat, menolak perintah Allah ketika diperintah untuk sujud dihadapan Nabi Adam, mereka berdalih mereka lebih mulia karena diciptakan dari api ketimbang Nabi Adam yang diciptakan dari tanah, dan karena kesombongan iblis itulah akhirnya mereka terusir dari surga.  Kesalahan yang terlihat sepele namun pada akhirnya menjadi besar karena ketidak patuhan akibat kesombongan.  Lebih sulit mengenali prilaku sombong, baik itu yang dilakukan oleh prilaku jasadi maupun ruhani, lebih mudah mengenali perbuatan akibat hawa nafsu… kesombongan kadang ada yang tersamar, sehingga pelakunya tidak menyadari kalau telah berbuat sombong..
Sombong adalah Jubah Allah SWT, sungguhlah berlebihan jika seorang hamba memakai jubah tuannya, Semoga kita terhindar dari sifat yang sangat dimurkai Allah, Tuhan semesta alam itu. Aamiin.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

semoga kita dijauhkan dr sifat dan sikap sombong